top of page

Rekomendasi Website Arsitektur

Ingin mencari ide, atau mengetahui perkembangan terbaru dunia arsitektur? Berikut ini adalah rekomendasi 8 website arsitektur dalam dan luar negeri. Saya memilih berdasarkan preferensi pribadi dan beberapa diantaranya sering saya kunjungi untuk mencari inspirasi dan informasi terbaru seputar dunia arsitektur.


Dengan 14 juta kunjungan per bulan dan dibuat dengan 4 bahasa, Archdaily adalah salah satu website arsitektur terbesar dan terpopuler saat ini. Didirikan tahun 2008, Archdaily adalah website yang berisikan informasi mengenai proyek, produk, dan tren arsitektur terbaru dari seluruh dunia. Para arsitek bisa memasukkan karya mereka ke Archdaily, dan akan dipublikasikan secara global setelah melalui tahapan review. Proyek-proyek yang ditampilkan juga memiliki konten yang cukup lengkap, mulai dari deskripsi, foto proyek, hingga beberapa gambar arsitektur seperti denah. Mereka juga mengadakan penghargaan Building of The Year setiap tahun yang dipilih berdasarkan hasil vote pembaca. Beberapa karya dari arsitek Indonesia pernah masuk nominasi penghargaan ini. Cek penghargaan Building of The Year terbaru melalui tautan ini.


Archnet adalah website arsitektur yang menyediakan beragam sumber daya intelektual yang berfokus pada arsitektur, urbanisme, desain lingkungan dan lansekap, budaya visual, dan isu-isu konservasi yang terkait dengan lingkungan. Dikembangkan oleh MIT School of Architecture and Planning, dan dioperasikan oleh Aga Khan Trust for Culture. Sama halnya dengan Archdaily, Archnet juga menampilkan hasil karya arsitektur tetapi fokus pada dunia dan masyarakat Muslim.


Senang mencari inspirasi untuk rumah tinggal atau apartemen? Apartment Therapy adalah tempatnya. Website ini dirancang untuk menginspirasi siapa pun untuk menjalani kehidupan yang lebih indah dan bahagia di rumah. Didirikan pada tahun 2001 oleh desainer interior Maxwell Ryan, Apartment Therapy secara resmi menjadi perusahaan media pada tahun 2004 dan sejak itu berkembang menjadi portal sumber inspirasi desain bagi orang-orang yang mencari solusi untuk dekorasi rumah dan apartemen mereka. Di website ini kamu bisa melihat bagaimana orang-orang lain mendekorasi rumah mereka, cerita dibaliknya, dan berbagai macam tips untuk menata ruangan di rumah kamu.


Awal kuliah arsitektur, saya sering mendatangi kakak tingkat untuk meminta arsip, yakni contoh gambar kerja dan gambar detail yang pernah mereka buat sebelumnya. Arsip-arsip ini bentuknya adalah lembaran dan gulungan kertas yang tentunya bisa usang, rusak, dan hilang. Di Archtoolbox ini, mereka membuat arsip tersebut secara digital, berisi segala referensi teknis yang dibutuhkan oleh arsitek dan desainer interior untuk mendesain dengan baik dan mengembangkan karir mereka. Artikel dalam website ini dibuat sangat rinci contohnya mengenai sistem bangunan dan bahan yang digunakan dalam proyek lengkap dengan dimensi dan ukuran material. Juga ada pengenalan singkatan dan istilah dalam dunia arsitektur, jenis kode dan notasi dalam gambar kerja, cara membuat gambar kerja, hingga membuat portofolio untuk membangun karir.


Bingung memilih drawing tablet? Perlu rekomendasi kursi makan? Atau saran dalam memilih hammer drill? The Architect Guide adalah blog berisi kumpulan saran dan pengalaman dari pendirinya Brandon Hubbard, belajar dan bekerja di bidang arsitektur selama hampir dua dekade. Blog ini berusaha menjadi panduan bagi pembacanya untuk menemukan produk terbaru dan terbaik untuk membuat hidup lebih mudah, lebih menyenangkan, dan lebih produktif. Jadi buat kamu yang pengen nyari sesuatu baik itu perlengkapan rumah tangga, perlengkapan ketukangan, atau perlengkapan arsitektur, ngga ada salahnya untuk mampir ke blog ini sebelum memutuskan membeli yang mana.


Ini adalah sebuah blog arsitektur dari Bob Borson, seorang arsitek profesional dari Texas, US. Isinya kebanyakan membahas seputar kehidupan arsitek atau bagaimana rasanya menjadi seorang arsitek. Beberapa topik juga membantu menjelaskan apa yang dilakukan arsitek untuk mencari nafkah. Dia juga memiliki podcast yang menarik untuk disimak.


Design milk adalah blog desain yang menampilkan segala hal terkait desain interior, arsitektur, furniture, dekorasi, seni dan teknologi yang didirikan oleh Jaime Derringer. Kebanyakan yang ditampilkan dalam website ini adalah interior atau perabotan bergaya modern. Website ini juga menjual beberapa barang mulai dari alat tulis, dekorasi rumah, hingga peralatan rumah tangga tentunya dengan desain yang unik.


Didirikan tahun 2015, Arsitag adalah direktori online terbesar untuk mencari inspirasi desain, informasi dan profesional terbaik untuk home improvement di Indonesia. Di Arsitag, ada ratusan arsitek dan proyek karya arsitek Indonesia. Arsitag juga merupakan platform yang mempertemukan antara calon pengguna jasa yang ingin menggunakan jasa arsitek, dan arsitek yang ingin mengerjakan proyek.

 

Bonus


Minimalissimo adalah majalah cetak dan digital independen yang didedikasikan untuk gaya minimalis dalam desain. Mereka menampilkan berbagai ide arsitektur, interior, furniture, dan peralatan rumah tangga bertema minimalis yang dikurasi dengan sangat baik. Desain web nya sederhana, sesuai dengan tema besar yang mereka usung. Ini adalah salah satu website arsitektur favorit saya. Kalo kamu suka gaya minimalis atau sedang mencari inspirasi desain yang minimalis, tempat ini sangat cocok.

4.570 tampilan

Postingan Terkait

Kommentare


bottom of page